Posted on

Pemangkasan Dan Perebahan Tanaman Jambu Kristal

MENGAPA PEMANGKASAN DAN PEREBAHAN TANAMAN PENTING DILAKUKAN PADA TANAMAN JAMBU KRISTAL ?

 

  1. IKLIM

Indonesia beriklim tropis dengan intensitas curah hujan yang tinggi sepanjang tahun, sehingga tanaman jambu kristal dapat tumbuh berkembang dengan cepat. Pada daerah dataran tinggi pertumbuhan tanaman jambu kristal agak lambat dibandingkan dengan dataran rendah, hal ini disebabkan karena suhu udara di dataran tinggi dapat mencapai dibawah 15 ⁰C sedangkan suhu optimal untuk pertumbuhan tanaman jambu kristal berkisar antara 23-28 ⁰C. Waktu yang ideal untuk berbunga adalah pada akhir musim kemarau dan berbuah pada musim hujan, namun tanaman jambu kristal dapat berbuah sepanjang tahun dengan bantuan irigasi di musim kemarau. Dengan kondisi tersebut diatas maka diperlukan pemangkasan dan perebahan untuk membatasi pertumbuhan tinggi dan panjang cabang tanaman, sehingga memudahkan pekerjan perawatan tanaman.

  1. UNSUR HARA / NUTRISI

Tanaman jambu kristal dapat tumbuh dan berkembang dengan baik pada lahan yang subur dan gembur serta bnayak mengandung unsur hara yang dibutuhkan tanaman. Untuk melengkapi unsur hara yang dibutuhkan tanaman, kita harus menambahkan pupuk pada lahan tersebut. Mengingat biaya yang dikeluarkan untuk membeli pupuk, maka kita harus memperhatikan penggunaan pupuk tersebut secara efisien. Penggunaan pupuk pada tanaman jambu kristal sebagian besar digunakan untuk pertumbuhan tunas muda dan pucuk cabang tanaman. Pada kondisi lahan yang ideal pertumbuhan tingi dan panjang cabang tanaman akan semakin cepat, maka diperlukan pemangkasan dan perebahan pada tanaman untuk memutus distribusi pengunaan unsur hara yang terbesar dalam tubuh tanaman, sehingga unsur hara dikonsumsi tanaman secara merata dan optimal.

  1. MEMPERBAIKI KUALITAS DAN KUANTITAS BUAH

Tanaman jambu kristal yang dibiarkan tumbuh secara alamiah (tidak dilakukan pemangkasan dan perebahan) pada umumnya berbuah tidak banyak dengan kualitas buah yang rendah. Sedangkan tanaman jambu kristal yang dilakukan pemangkasan dan perebahan akan berbuah banyak dengan kualitas buah baik. Hal ini dikarenakan cabang tanaman yang dipangkas akan memutus distribusi unsur hara yang terbesar pada pucuk cabang/tunas muda dan akan beralih ke buah sehingga kualitas buah meningkat dan cabang yang direbahkan akan merangsang pertumbuhan cabang-cabang baru yang akan menghasilkan buah, sehingga kuantitas buah juga akan semakin banyak.

  1. MEMPERPANJANG USIA PRODUKTIF TANAMAN

Dengan dilakukan pemangkasan dan perebahan berati kita selalu meremajakan tanaman, sehingga usia produktif tanaman akan semakin panjang dan akan berbuah terus-menerus. Berbeda dengan tanaman yang tidak dilakukan pemangkasan dan perebahan akan tumbuh cepat tua dan produksi buahnya akan terus menurun.

 

MANFAAT PEMANGKASAN DAN PEREBAHAN TANAMAN

  1. Distribusi cahaya matahari merata keseluruh bagian tanaman terutama daun, sehingga proses fotosintesis optimal.
  2. Memperlancar sirkulasi udara antar bagian tanaman sehingga tidak terjadi kelembaban tinggi yang dapat menimbulkan penyakit.
  3. Mempermudah pekerjaan perawatan tanaman seperti pembungkusan buah, panen, penyemprotan pestisida dll.
  4. Membatasi pertumbuhan sehingga memperpanjang usia produktifas tanaman, karena sering diremajakan.

 

Sumber : Pelatihan Pemeliharaan Tanaman Jambu Kristal Oleh ICDF (Cikarawang, 21 Juni 2011)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *