Posted on

Pupuk

APA ITU PUPUK ?

  • Bahan atau unsur dalam bentuk senyawa kimia organik maupun anorganik yang berguna untuk tanah dan sebagai nutrisi tanaman.
  • Penyubur tanaman yang ditambahkan ketanah untuk menyediakanunsur-unsur yang diperlukan oleh tanaman.
  • Material yang ditambahkan ketanah atau tajuk tanaman dengan tujuan untuk melengkapi ketersediaan unsur hara.

 

APA ITU PEMUPUKAN ?

  • Proses, pembuatan, dan cara memupuk.
  • Pengaplikasian bahan atau unsur-unsur kimia organik maupun anorganik yang ditujukan untuk memperbaiki kondisi kimia tanah dan mengganti kehilangan unsur hara dalam tanah serta bertujuan untuk memenuhi kebutuhan unsur hara bagi tanaman sehingga dapat meningkatkan produktifititas tanaman.

 

MENGAPA PERLU MELAKUKAN PEMUPUKAN ?

  • Ketersediaan hara tanah, hal ini dapat terjadi karena kandungan hara dalam tanah yang berasal dari bahan induk pada umumnya memang rendah sehingga perlu ditambahkan unsur hara dengan cara pemupukan.
  • Produktifitas tanah semakin lama akan semakin menurun, sebagai akibat dari faktor-faktor : usaha budidaya pertanian, pengikisan top soil, pencemaran lingkungan, bencana alam atau pengaruh iklim sehinga tanah akan semakin miskin unsur hara, dengan cara pemupukan berarti menambah produktifitas tanah kembali.

 

TUJUAN PEMUPUKAN

  • Pemupukan bertujuan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tanaman untuk menjamin pertumbuhan tanaman secara optimal dan menghasilkan produksi dengan mutu yang baik.
  • Pemupukan bertujuan untuk mencukupi kebutuhan tanama akan unsur hara esensial, agar tanaman dapat tumbuh baik secara vegetatif (akar dan batang) maupn generatif (bunga dan buah). Unsur hara esensial artinya apabila salahsatu unsur hara tidak terdapat dalam tanah atau tidak mencukupi kebutuhan tanaman maka pertumbuhannya menjadi tidak normal.

 

 

 

UNSUR HARA PENYUSUN TANAMAN

UNSUR HARA MAKRO

Unsur hara makro yaitu unsur hara yang dibutuhkan tanaman dalam jumlah banyak, terdiri dari unsur-unsur Nitrogen (N), Fosfor (P), Kalium (K), Kalsium (Ca) dan magnesium Mg).

UNSUR HARA MI KRO

Unsur hara mikro yaitu unsur hara yang dibutuhkan tanaman hanya dalam jumlah sangat sedikit tetapi harus ada, bahkan bisa bersifat racun bila tersedia dalam jumlah berlebihan. Unsur hara mikro terdiri dari unsur-unsur besi (Fe), Tembaga (Cu), Boron  (B), Mangan (Mn), Belerang (S), dan Zeng (Zn).

 

JENIS-JENIS PUPUK

PUPUK ORGANIK

Pupuk organik adalah pupuk yang terbuat dari sisa-sisa mahluk hidup yang diolah melalui proses pembusukan (dekomposisi) oleh bakteri pengurai.

Contohnya adalah pupuk kompos dan pupuk kandang. Pupuk kompos berasal dari sisa-sisa tanaman, dan pupuk kandang berasal dari kotoran ternak.

PUPUK ANORGANIK

Pupuk anorganik atau pupuk buatan adalah jenis pupuk yang dibuat oleh pabrik dengan cara meramu berbagai bahan kimia sehingga memiliki prosentase kandungan hara yang tinggi.

Pupuk anorganik dapat dibagi menjadi dua yakni :

Pupuk tunggal : pada pupuk tungal jenis unsur hara yang dikandungnya hanya satu macam. Biasanya berupa unsur hara makro primer, misalnya urea hanya mengandung unsur nitrogen.

Pupuk majemuk : pupuk yang mengandung lebih dari satu jenis unsur hara, misalnya NPK.

Menurut cara aplikasinya, pupuk buatan dibedakan menjadi dua yaitu pupuk daun (dengan cara penyemprotan ke daun) dan pupuk akar ( dengan cara penaburan ke tanah)

Menurut cara melepaskan unsur hara, pupuk akar dibedakan menjadi dua yakni pupuk fast release (cepat terurai) dan pupuk slow release (lambat terurai).

 

Sumber : Pelatihan Pemeliharaan Tanaman Jambu Kristal oleh ICDF (Cikarawang, 21 Juni 2011)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *